Minggu, 13 Mei 2012

Kumpulan Tugas Psikologi Umum II


Pengalaman saya terkait dengan topik bahasan emosi dan agresi

Emosi adalah suatu perasaan yang menggambarkan perasaan yang kuat akan sesuatu dan perasaan yg sangat menyenangkan atau mengganggu.

Pada umumnya jika seorang manusia mengalami masa pubertas,pasti tingkat emosi masih sangat labil,contohnya ketika saya masih duduk di bangku smp,cenderung saya orangnya sangat sensitif, dikit2  bawak an nya emosian..
Sering sekali karena perkara-perkara kecil,emosi saya meledak,gak tw juga kenapa,malah sampai terjadi pertengkaran fisik apalagi sama teman sebangku.
Terkadang juga jika emosi tak terkatakan,saya meluapkan nya ke benda-benda mati,misalnya menendang kursi,memukul meja.
Karena hal itu saya merasa dikucilkan,namun juga ad sisi positif nya,saya jadi punya pengalaman tersendiri.

Kemudian,banyak orang berpendapat bahwa laki-laki itu ialah makhluk yang tegar dan kuat dan tidak mudah menangis.
Saya membantah pernyatan tersebut,contohnya kembali ke diri saya sendiri.
Saya sering mengeluarkan air mata dan sangat sedih sampai-sampai galau ketika melihat atau mengalami kejadian yang saya anggap terharu dan wajar sampai membuat saya seperti itu..
Contoh  ketika menonton film2 yang memiliki makna yang dalam yang membuat saya terhanyut dalam ceritanyaa..
Tapi kebanyakan film yang saya tonton it,film yang buat ngakak..
Terimakasih 

 
Pengalaman saya terkait dengan Motivasi.

Sudah sangat sewajarnya kita sebagai manusia termotivasi untuk mempelajari sesuatu yang baru..
Saya sendiri tidak suka dengan hal2 yang kaku dan selalu begitu2 saja,saya sangat termotivasi untuk mencoba mendapat pengalaman baru,misalnya saya kan sangat suka bermain-main dengan musik,cukup banyak kompetisi dan ajang bakat yang saya ikuti namun itu membuat saya bosan,jadi saya mencoba peruntungan di bidang olahraga seperti basket,futsal,krn saya jg lumayan terampil di bidang yg bersangkutan..
Saya juga sangat menyukai tantangan.

Selain itu saya juga sering memotivasi diri sendiri supaya tetap menjadi diri sendiri apa adanya serta lebih mandiri dan sukses hidup.Dan juga mensugesti diri saya selalu bahagia dengan cara tetap tersenyum setiap saat.


 
Pengalaman kehidupan sehari-hari saya terkait dengan teori belajar classical conditioning.

1.Ketika memberi makan kucing,saya selalu memanggil dgn “pus,pus atau manis ”,maka si kucing pun datang. Suatu ketika saya hanya bersuara “manis” saja,kucing pun langsung datang walaupun tidak saya beri makan.

2.Sewaktu kecil,jika saya terjatuh atau terpleset,pastinya saya menangis,kemudian bapak atau ibu saya membujuk dgn mengatakan “memang jahat ini” sambil disuruh memukul-mukul atau menendang ,maka secara tak langsung dendam saya terbalaskan.Lama kelamaan sampai sekarang  ketika terjatuh atau menyenggol sesuatu,terkadang tanpa sadar saya melampiaskan dendam dgn memukul kembali.

3.Sewaktu kecil ketika mendengar suara mobil bapak saya,saya langsung bergegas melihat & membukakan gerbang dan ini terjadi berulang-ulang.Suatu hari ketika mendengar suara mobil yang sama saya langsung bergegas,padahal itu  bukan mobil bapak saya,tapi mobil orang yang parkir dekat rumah.

4.Dulu,sering bersama teman2 bercerita horor,salah satunya jika tengah malam ada anjing mengongong atau melolong berarti dia melihat makhluk halus juga jika mati lampu(gelap) diikuti bunyi2an gak jelas katanya  setan berkeluaran.
Jadi ketika malam hari ada lolongan anjing dan juga jika mati lampu,saya sering ketakutan,merinding,kadang-kadang panik tak jelas ,itu sering terjadi berulang-ulang ,dan pada akhirnya melekat sampai sekarang.



Contoh pengalaman saya terkait dgn teori belajar operant conditioning

1.Sewaktu saya masih duduk di bangku sekolah dasar,ketika saya mendapat ranking baik di sekolah,seringkali ibu saya memberi saya hadiah berupa pakaian baru,juga sering sebelumnya ayah saya memotivasi,jika saya mendapat ranking nntinya saya akan dibelikan playstation(reward positif).

2.kembali ketika waktu sekolah dasar,jika saya lupa pelajaran atau tugas dikerjakan,guru memberikan hukuman,menampar ataupun memukul dgn penghapus papan tulis(punishment)


 
Tugas Psikologi Umum II
Pengalaman saya terkait dgn Memori.

1.Biasanya ketika saya membuat akun facebook  atau jejaring sosial lainnya,saya menggunakan angka kelahiran saya,bertujuan supaya saya lebih mudah mengingatnya dan tidak  lupa.

2.Sewaktu duduk di bangku sekolah dasar saya dijuluki si raja menghafal,krn saya bisa menghafal sesuatu dalam waktu singkat,contohnya nama2 negara di dunia serta ibukotanya,namun saya kurang mahir dgn yang namanya berhitung.Saya kurang tahu kenapa bisa seperti itu,tp lama kelamaan & sekarang kemampuan mengingat itu berkurang.

3.Ketika mendengar sebuah lagu metal,saya teringat kenangan ketika manggung bersama teman-teman sewaktu pensi membawakan lagu metal dan lain sebagainya.

4.Beberapa tahun yang lalu,aku dan kawan-kawan pergi ke brastagi,dalam rangka berlibur.Ketika sampai disana,saya teringat masa-masa retreat akhir sekolah serta liburan bersama keluarga,disamping itu saya mengingat semua kejadian yang pernah terlaksana di tempat itu(bernostalgia).

5.Kebetulan,saya cukup terampil bermain gitar,saya suka mencari dan menemukan chord-chord baru atau mengkoleksi skill-skill baru,ketika saya sudah menamatkan chord gitar sebuah lagu baru ,entah knp tiba-tiba saya lupa memainkan chord gitar lagu yang sebelumnya saya telah tamatkan.

6.Karena sangkin banyaknya mahasiswa/I di fak psikologi,terutama bagi yang perempuan yang kebanyakan memakai jilbab,saya sering sekali susah membedakannya,jadi saya kurang ingat nama panggilannya ,kadang salah sebut atau bahkan lupa sama sekali.

7.Sampai sekarang saya masih ingat hampir seluruh kenangan masa SMA saya,terutama bersama kawan2 bermain di luar,sangat membekas sekali,krn wktu itu pengalaman yang saya dpatkan terkesan gila dan seru,dan saya tidak pernah ingin melupakannya,krn ketika mengingatnya sampai membuat saya tertawa2.

 Demikian.
Terimakasih telah membaca.
MOHON KOMENTAR ANDA ;)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar