Selasa, 24 April 2012
TEKNOLOGI DAN PENDIDIKAN
Oleh
1. PERSINGGUNGAN ANTARA TEKNOLOGI DAN PENDIDIKAN
Teknologi adalah bagian dari
masyarakat informasi di dunia dan masa kini. Teknologi juga bagian dari sekolah
sebab teknologi merupakan bagian yang tidak akan pernah terlepas dari
pendidikan. Hampir secara keseluruhan topik-topik pendidikan berhubungan dengan
teknologi. Teknologi dapat mengembangkan pendidikan dan pendidikan juga dapat
memperluas alat serta kegunaan teknologi.
Tegnologi dapat memperlancar dan
membantu proses pendidikan, misalnya saja dalam hal mempercepat proses
informasi, informasi-informasi penting akan semakin cepat diterima oleh
pelajar. Pelajar yang bersekolah di sekolah yang memiliki akses teknologi yang
baik akan dapat belajar dan menyerap informasi dengan lebih baik. Kompetensi
yang dimiliki oleh orang-orang masa kini ditantang dan diperluas oleh dunia
yang kini berorientasi teknologi, sehingga orang-orang yang memiliki hambatan
di bidang teknologi maka akan memiliki hambatan juga di bidang kompetensinya
dan hal ini tentu juga berlaku untuk pelajar.
2. KONTEKS PENGGUNAAN INTERNET
DALAM BUKU JOHN W. SANTROCK DIBANDINGKAN PENGGUNAANYA DI KOTA MEDAN.
Menurut buku, internet adalah
inti dari komunikasi melalui komputer, dimana sistemnya berisi ribuan jaringan
komputer yang terhubung di seluruh dunia serta menyediakan informasi tak
terhingga yang dapat diakses. Internet
juga merupakan alat pembelajaran penting dalam proyek yang berhubungan dengan
teknologi.
Dari pemaparan buku, dapat
dinyatakan bahwa internet sangat berperan penting dalam efisiensi kebutuhan
manusia termasuk dunia pendidikan. Namun, tidak semua bagian internet dapat
dimanfaatkan dengan baik oleh para pengguna di kota Medan, bahkan banyak yang
disalah gunakan.
Tak bisa dipungkiri bahwa
internet sangat membantu proses belajar mengajar di kota Medan. Setiap hari,
setiap waktu proses pengerjaan dan pengiriman tugas beserta informasi dapat
dilaksanakan dengan baik melalui
internet. Namun, tak bisa dipungkiri juga bahwa begitu banyaknya warung-warung
internet yang menjamur di kota Medan menjadi sesuatu yang dapat merusak
generasi muda. Internet-internet menyajikan terlalu banyak hal-hal yang menarik
perhatian seperti dunia game yang dapat membuat orang-orang kecanduan serta
terobsesi dan ada juga jenis-jenis situs yang ditampilkan yaitu situs-situs tak
bermoral yang membuat manusia hancur. Jadi, kesimpulannya bahwa kegunaan
positif internet di kota Medan juga setara dengan dampak negatif yang
dihasilkan. Namun, sebagai orang-orang berpendidikan di kota ini, seharusnya
tahu dengan baik untuk memilah-milah apa yang bermanfaat serta apa yang tidak
bermanfaat.
3. SUDUT PANDANG MAHASISWA DI
PSIKOLOGI PENDIDIKAN MENGENAI UBIQUITOUS COMPUTING.
Ubiquitous computing merupakan
generasi selanjutnya (ketiga) yang dipercaya oleh para pakar setelah generasi
saat ini (generasi komputer pc) yang menekankan komputer lebih ke lingkungan
daripada ke personal.
Sudut pandang sebagai mahasiswa
Psikologi Pendidikan, tentu sangat menerima kehadiran generasi tersebut karena
akan mempermudah akses informasi dengan jauh lebih baik dan dapat memperingan
biaya. Perangkat tegnologi umum, seperti telepon dan perangkat elektronik
lainnya akan terkoneksi dengan internet sehingga orang-orang akan dapat
mengakses dengan mudah dimana dan kapanpun dia berada. Ubiquitous akan memaksa
komputer eksis di dunia ini. Perangkatnya dapat dipasang dengan jaringan murah
serta memampukan mahasiswa untuk membawa perangkat informasi ke lapangan untuk
membantu mengerjakan tugas dan dapat dibawa kemana-mana. Mahasiswa dapat meningkatkan kemampuan mereka
tanpa dibatasi lokasi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar